Sabtu, 06 Agustus 2011

Cinta dan Hauslah akan Firman Tuhan

Pada suatu saat ada beberapa temanku yang berkata,bagaimana kalau kita PA 5 jam ato mau 10 Jam ato 5 hari ato bahkan 1 minggu???
namun jawaban dari teman yang di ajak adalah Waddduuuhhh serius?? aahhh...parah gila bener...
seharusnya menurutku saat ada pertannyaan seperti itu jawaban kita adalah
Yukk...ayu (dengan semangat)

kenapa jawaban kita harus ayo??
karena,
Firman itu sangatlah Luas, dan sangatlah dalam, serta Firman itu dapat menenangkan diri kita..
saat kita sedih, suka, bergumul, bingung, dll , Firmanlah yang kita butuhkan.

aku punya sedikit gambaran tentang firman, namun mohon maap klo ada dari teman2 yang kurang setuju...mohon diberitau saja ke gw...

banyak bilang firman itu seperti air, namun gw coba yang lain,
"Firman itu Bagaikan Api"

1.BERBAHAYA.
Segala sesusatu menjadi berbahaya bila salah digunakan atau penggunanya jahat dan bodoh, dan tidak sesuai dengan apa Fungsinya, seperti pulpen dibuat untuk melempar, gitar dipakai untuk memukul, dll. Demikian Firman Tuhan, memang firman Tuhan berkuasa untuk menegur dan memperbaiki kelakuan kita, akan tetapi jika menggunakan Firman Tuhan digunakan sebagai kesombongan dan mencela orang lain, maka fungsi Firman itu sesungguhnya ga tercapai,sama sekali, bahkan menimbulkan hal yang buruk. seharusnya Firman itu digunakan untuk menyadarkan dan memenuhi kehidupan seseorang, sehingga tujuan Firman itu tercapai.

2.TAK DAPAT DISENTUH.
Ya, api.. yang satu ini memang tak dapat disentuh dan diraba. siapa yang mau menyentuh api??? Meskipun api itu nyata , karena dapat kita lihat kan??
Demikianlah Firman Tuhan, perkataan Tuhan dalam Firman tak akan dapat disentuh tapi dapat kita lihat ( ALKITAB dan Firman yang menjadi daging “YESUS”).dan Firman tak dapat diganggu gugat, tidak dapat berubah. Firman-Nya tetap selama-lamanya. Justru dalam hal ini Firman Tuhan-lah yang dapat menyentuh hati kita. Yang benar-benar nyata dapat mengubah hidup kita, lewat Firman banyak orang yang diubahkan.

3.MENGSTERILKAN / MEMBERSIHKAN.
Waktu masih di sma jika mau membersihkan air dari kuman/bakteri, kita menggunakan api untuk memanaskan air sampai suhu dimana kuman / bakteri tidak dapat hidup sehingga air itu steril.sama juga ketika kita minum air yang kita minum,yang sebelumnya harus dipanaskan 100’, sehingga air itu bisa kita gunakan untuk minum.
Demikianlah dengan Firman Tuhan, Firman Tuhan akan meng-sterilkan hidup kita dari segala yang jahat. Kita terlindung dari ajaran-ajaran yang sesat, dan Iblis pun mungkin akan tidak tahan dekat dengan kita dan menjauh melihat tingkah laku kita yang sesuai dengan Firman Tuhan. Rohani kita pun akan menjadi sehat dan tidak mudah diombang-ambingkan, STABIL...

4.MEMBAKAR.
Yang dibakar itu biasanya sampah. Ga ada orang yang malah menyimpan sampah. Sampah biasanya sesuatu yang tidak berguna atau mengganggu.sehingga harus dibuang dan dimusnahkan.
Yaudah sebaiknya kita bakar sampah-sampah dalam pikiran kita dengan mengisi pikiran kita dengan Firman Tuhan. Seperti ketika gelas yang sangat kotor kita isi dengan air terus-menerus sampai gelas itu bersih, dan akan banyak orang yang mau memakainya. Seperti itulah Firman Tuhan, yang akan membersihkan hati kita dari kotoran-kotoran itu.

5.MENGHANGATKAN.
Kalau kita kedinginan kita perlu kehangatan.
Disaat hidup terasa tidak berwarna, cobalah untuk mencoba membaca Firman Tuhan. Firman Tuhan berkuasa untuk menghangatkan hati kita agar menjadi tentram dan berkuasa memberikan hidup bagi jiwa kita.

6.MENGHANGUSKAN.
Kalau sesuatu menjadi hangus pasti menjadi jelek dan hitam bukan?
Kita juga bisa dibuat hangus oleh Firman, tapi bukan kita yang akan dihanguskan melaikan tindakan dosa-dosa yang kita lakukan. Melalui Firman kita ditegur atas dosa tersembunyi ( dosa dimana hanya kita dan Tuhan yang tau ) yang kita lakukan sehingga kita pun akan menyadari bahwa diri kita memerlukan kasih Tuhan melalui FirmanNYA yang memulihkan kita dan memutihkan kita.

7.MEMBUNUH.
Berarti menghilangkan suatu nyawa. Nyawa siapa?
Tentu lawan kita yaitu Iblis. Kalau punya nyawa berarti memiliki kehidupan, dan Firman Tuhan akan membunuh kehidupan Iblis dalam diri kita.
Sifat-sifat kita yang buruk dan jahat, bisikan-bisikan Iblis, akan terbunuh oleh Firman Tuhan. Tapi,kita harus terus membaca dan mencintai serta melakukan Firman Tuhan dalam Hidup kita, karena iblis bisa hidup lagi, dan menguasai hati kita lagi. Maka dari itu hanya Firman Tuhan yang bisa menjaga kita dari iblis.

8.SUMBER CAHAYA.
“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (Mazmur 119:105).
Ya, api merupakan terang penuntun jalan kita saat kita ada di tempat yang gelapp agar tidak salah arah serta dapat membuat kita melihat yang samar-samar menjadi lebih jelas.
Jadi, Firman Tuhan merupakan panduan untuk menetapkan langkah kita dalam setiap persoalan. Kita dapat melihat jalan keluar dari setiap masalah kita melalui Firman. Dan dengan Firman sebagai sumber cahaya juga, maka dapat mengubahkan hati orang-orang yang belum tahu jalan keselamatan menuju kepada keselamatan yang kita ketahui. Orang akan tahu mana yang benar dan mana yang tidak.

9.MENEMPA.
Kalau dalam dunia pandai besi, biasanya api digunakan untuk menempa sehingga senjata besi dapat dibentuk dan menjadi kuat.
Begitu juga Firman Tuhan,Itu yang membentuk iman kita dan meneguhkan diri kita.sehingga kita mampu untuk menjalani kehidupan dan godaan2 dunia ini.

10.BERMANFAAT.
Dunia tanpa api bagaikan dunia tanpa mu disisiku, hahahaha...
Kenapa? Waktu memasak, pembangkit listrik, bahan bakar, dll. Kita memerlukan api. Dan jika semuanya itu tidak ada, bias bayangkan gak??, bagaimana hidup kita? Mungkin akan berwarna hitam putih. Seperti itulah hidup kita tanpa Firman Tuhan yang memberikan warna seperti pelangi yang sangat indah, yang bisa membuat hati kita tentram, dan damai.

Api juga dilambangkan dengan SEMANGAT.
klo kita ga semangat itu karena Firman gak melimpah dalam Hidup kita, namun sebaliknya kita akan semangat dengan adanya Firman dalam hati kita. dan kita akan lebih menghargai hidup kita dan mengisinya dengan hal-hal sesuai dengan Firman, karena Firman itu ada dalam kita.
Maka dari itu teman-temanku, supaya kita semangat dalam pelayanan kita, hidup kita ,marilah kita cintai Firman Tuhan, dan hauslah akan Firman Tuhan, carilah Firman ITU, sehingga akan banyak hal yang kau akan dapat karena Firman itu tidak Terbatas..

Jadi bagaimana???
masih berfikir dan menjawab seperti dibagian atas tadi???

Marilah kita nyalakan semangat Api-Nya dalam diri kita dengan menghidupi FirmanNya.

Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar